Senin, 25 Januari 2016

Fermentasi Jerami Untuk Pakan Ternak

Fermentasi Jerami Untuk Pakan Ternak

Fermentasi Jerami Untuk Pakan Ternak,-Merupakan sebuah penemuan yang sangat bagus untuk meningkatkan bobot dan kualitas ternak anda , baik itu pada ternak kambing , domba , sapi dll . Pemberan pakan fermentasi sangatlah mampu memberikan rangsangan percepatan pertumbuhan pada hewan ternak , sehingga proses pertumbuhan nya pun bisa cepat dibandingkan dengan ternak yang tidak diberikan pakan fermentasi . 

Fermentasi Jerami Untuk Pakan Ternak
#Jerami bahan pembuatan pakan fermentasi
 Secara garis besar bagi anda yang tidak tau fermentasi , fermentasi merupakan sebuah pemanfaatan bahan limbah organik yang difermentasi dan diberikan kepada hewan ternak , salah satu bahan organik yang biasa dipakan adalah jerami . Hasil fermentasi jerami untuk pakan ternak mempunyai berbagai macam keunggulan seperti : 
  • Pakan dapat disimpan sesuai kebutuhan
  • Meningkatkan nafsu makan sehingga mempercepat pertumbuhan ternak
  • Daging hewan terutama kambing rendah kolesterol dan tidak “prengus”
  • Kotoran hewan tidak menimbulkan bau/amoniak
  • Kotoran/limbah hewan berkualitas untuk dimanfaatkan menjadi pupuk
Nah dari beberapa keunggulan pemberian pakan fermentasi diatas , tentunya ini sangat berbeda jauh dengan pemberian  pakan biasa . maka dari itu sangat dianjurkan bagi mereka para juragan ternak yang ingin mempunyai kualitas ternak yang bagus ya salah satunya dengan memberikan pakan fermentasi kepada hewan ternak anda . 

Cara pembuatan pakan fermentasi
Dari melihat manfaat yang bisa didapat dari pemberian pakan fermentasi pada hewan ternak anda , pastinya anda juga ingin mengetahui tentang bagai mana cara dari pembuatan pakan fermentasi itu sendiri , nah untuk cara nya anda bisa lihat dibawah ini .

Bahan yang diperlukan 
  •  Jerami 
  • Bekatul 
  • Ampas Tahu
  • Garam 
  • Gula Pasir
  • Suplemen Organik "Saya saran kan untuk suplemen harus menggunakan suplemen organik SOC " 
  • Air dan 
  • Wadah untuk fermentasi , baik itu plastik besar atau terpal
Cara pembuatan 
  1. Siapkan terpal atau plastik untuk alas pembuatan pakan fermentasi
  2. Larutkan gula ditambah dengan suplemen organik SOC , dan diamkan selama 15 menit
  3. Tata jerami diatas alas yang sudah disediakan 
  4. Masukan bekatul dan ampas tahu secara merata 
  5. Taburkan garam pada bahan secara merata 
  6. Siram semua bahan tersebut dengan cairan gula pasir yang sudah diberi suplemen SOC 
  7. Aduk hinngga merata , setelah merata tutup terpal atau plastik tersebut hingga kedap udara 
  8. Selagi proses fermentasi ini berlangsung anda harus menunggu kurang lebih 1 hari jadi saya sarankan untuk sekali pembuatan dengan skala yang besar .
Pemberian Pakan
 Setelah menuggu hasil fermentasi jadi selama 1 hari , sekarang anda bisa membuka hasil fermentasi tersebut , jika sudah terjadi peningkatan suhu , perubahan warna dan bahan menjadi lapuk dan empuk itu tandanya proses fermentasi yang anda lakukan berhasil . 
Sebelum pakan fermentasi ini diberikan kepada hewan ternak anda , alangkah baiknya jika hasil fermentasi ini dianginkan terlebih dahulu selama 15 menit , setelah itu baru pakan fermentasi bisa diberikan kepada hewan ternak anda , berikan pakan ini sebanyak 2 kali setiap hari 

=====

Dari artikel fermentasi jerami untuk pakan ternak ini terdapat cara pembauatan pakan fermentasi diatas yang menghasruskan menggunakan suplemen SOC yang menjadi bahan terpenting dalam pembuatan pakan fermentasi , karena pemberian suplemen ini mempunyai keunggulan keunggulan seperti : 

Fermentasi Jerami Untuk Pakan Ternak
 
  • Menyehatkan ternak 
  • Mengurangi biaya produksi dan perawatan, karena jika menggunakan produk lama yang berbahan kimia biaya operasionalnya mahal.
  • Mengurangi stress dan menekan penyakit, sehingga memperkecil angka kematian.
  • Meningkatkan antibodi pada ternak sehingga tidak gampang diserang penyakit.
  • Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam rumen dan meningkatkan nafsu makan.
  • Mempercepat pertumbuhan ternak dan terbukti untuk kambing bisa meningkat hingga 2,5-4kg/minggu. Tanpa menggunakan SOC rata 2,5 kg/bulan.
  • Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging, sehingga akan lebih menguntungkan peternak. Untuk kambing dan sapi kualitas maupun kuantitas daging sangat bagus, untuk unggas peteror telur jadi lebih besar dan banyak.

Dimana kita bisa mendapatak SOC ?

Untuk mendapatkan SOC anda tidak perlu bepergian kemana mana anda cukup memesan nya kepada kami dengan melalui SMS , Kami menerima pemesanan dari seluruh wilayah indonesia , adapun untuk cara pemesanan nya ada di bawah ini : 


CARA PEMESANAN SOC 
Untuk pemesanan suplemen obat cair tersebut sangatlah mudah , yakni cukup dengan mengirimkan format pemesanan via SMS dengan format yang telah ditentukan seperti dibawah ini , Perlu anda ingat . Dalam setiap pemesanan anda harus menyantumkan kode SOC-DD Agar pesanan anda dapat di proses dengan cepat .

Ketik : SOC-DD : Nama Anda : Jml Pesanan : Alamat lengkap : NO.Tlp/Hp
Kirim SMS ke ? 0822 1453 8282
Contoh Pemesanan 5 botol : ketik : SOC-DD : H.Ahmad M : 5 Botol : P.sukahening RT.01/RW.06 Kec.Tamansari ,Kel.Sumelap , Kota Tasikmalaya : 085 223 197 

********************* 
Untuk informasi lainnya anda bisa langsung menghubungi customer service kami dibawah ini : 
CS : 0822 1453 8282 </> PIN BB : 798465BE 
********************* 

Terimakasih atas kunjungan nya , semoga artikel mengenai Fermentasi Jerami Untuk Pakan Ternak bermanfaat bagi anda khususnya para pelaku usaha dibidang peternakan .

0 komentar:

Poskan Komentar